Macam – macam Perubahan Energi Listrik


Macam – macam Perubahan Energi Listrik


1. perubahan energi listrik menjadi energi gerak

Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak pada umumnya menggunakan
motor listrik. Pada motor listrik, arus listrik mengaril melalui kumparan, untuk menimbulkan medan magnet, sehingga as motor berputar.putaran as motor inilah yang dimanfaatkan
untuk menggerakan kipas angin, bor listrik, belender, mobil – mobilan, dan alat lain.

2. perubahan energi listrik menjadi energi BUNYI

Energi listrik diubah menjadi energi bunyi. Misalnya, pada tape recorder, sirine, televisi, serta amplifier.
Pada radio, energi listrik digunakan untnk mengubah gelombang magnet listrik (electromagnet) yang ditangkap oleh antena radio menjadi energi bunyi. Energi bunyi yang dihasilkan kemudian diperkuat dan dikrluarkan melalui speaker.
Speaker dipasang diradio,tape recorder, televisi, dan pengeras suara.

3. Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Energi listrik dapat di ubah menjadi energi panas.
Alat – alat yang memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan panas antara lain seterika listrik, kompor listrik, solder, dan penanak nasi ( rice cooker).
Alat yang mengubah nergi listrik menjadi energi panas di lengkapi dengan elemen pemanas.listrik yang mengalir melalaui elemen pemanas di ubah menjadi energi panas.Elemen pemanas terbuat dari bahan yang mempuyai tahanan tinggi, sehingga listrik yang mengalirmelalui bahan tersebut berubah menjadi panas. Panas juga di sebut kalor.


4. Energi kimia 

Energi kimia adalah suatu energi yang tersimpan di dalam persenyawaan kimia yang berbentuk ikatan antara atom yang satu dengan atom yang lainnya. Energi kimia adalah suatu energi yang dihasilkan dalam suatu proses kimia. Besarnya energi yang dihasilkan tergantung dari jenis dan jumlah pereaksi dalam suatu reaksi kimia. Alat-alat yang dapat menghasilkan energi dari reaksi kimia misalnya aki dan beterai.

5. Energi nuklir


Energi nuklir adalah suatu energi yang terkandung dalam inti atom dari unsur-unsur nuklir. Energi nuklir akan keluar bila suatu inti atom berubah menjadi inti lain. Besarnya energi nuklir yang dihasilkan tergantung pada jumlah dan jenis inti.contohnya ledakan yang terjadi pada bom atom.

6. Energi Potensial

Perubahan dari energi potensial menjadi energi listrik terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Penulis : Robi Nurtanto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Macam – macam Perubahan Energi Listrik ini dipublish oleh Robi Nurtanto pada hari Friday, February 1, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Macam – macam Perubahan Energi Listrik
 

0 comments:

Post a Comment