Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook


Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook

Sahabat Belajar ITCara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebookini, saya memanfaatkan salah satu fitur dari Facebook, yaitu RSS Graffiti 2.0 Beta.
Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook, bisa Anda gunakan langsung untuk Akun facebook pribadi, maupun Fan Page yang Anda kelola. Sebagai contoh, saya mengelola Fan Page untuk blog pribadi saya yaitu Langkah Catatanku. Demi keefektifan dalam promosi Blog secara online, maka saya memanfaatkan fitur RSS Graffiti Beta untuk share secara otomatis di Facebook.
Berikut langkah-langkah atau Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook :

1. Masuk ke akun Facebook Anda, dan carilah RSS Graffiti 2.0 Beta di pencarian.

RSS Graffiti Beta
RSS Graffiti Beta

2. Pilih dan masuk ke aplikasi. Klik Go to Permission Dialog.

Izinkan Aplikasi
Izinkan Aplikasi

3. Kemudian akan tampil pemberitahuan, klik Add New Publishing Plan.

Add New RSS
Add New RSS

4. Ketikkan Nama Domain Anda di kotak yang sudah tersedia, misalnya; http://idahceris.wordpress.com. Kemudian klik Create Publishing Plan.

Ketik Nama Blog
Ketik Nama Blog

5. Jika berhasil, maka akan tampil nama domain Anda. Kemudian, pada kolok Sources sebelah kiri klik Add New.

Tahap 3 Rss Grafiti
Add New

6. Di bawah adalah tampilan Add a New Source.

Add New dan Add Source
Add Source
Source ini lah yang berfungsi sebagai langganan postingan blog, yang nantinya akan mengaitkan artikel yang sudah dipublish ke Facebook. Ketik nama domain Anda di kotak yang sudah disediakan, kemudian ditambah dengan kata “feed”. Contoh;http://idahceris.wordpress.com/feed. Klik Add Source.

7. Isilah source yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Kira-kira seperti ini isi dari Sourcenya:

Isi Data New Source
Isi Data New Source
  • Feed Title di sini di isi dengan Judul Blog atau Nama Fan Page Facebok Anda. Saya sarankan, disesuaikan dengan nama Fan Page Facebook Anda, untuk memudahkan dalam mengingat. :lol:Misal; Langkah Catatanku
  • Feed URL. Kotak ini di isi dengan url blog Anda ditambahkan dengan kata feed. Contoh;http://idahceris.wordpress.com/feed
  • Source Name Override. Kotak ini di isi dengan nama Fan Page Anda.
  • Sourve URL  Override, diisi dengan url blog Anda.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penjadualan publish. Bisa dilihat masing-masing pada pengaturannya. Semua penjadualan publish bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Kemdian klik Save.

8. Nah, kolom source sudah jadi sesuai dengan isian di atas, dengan nama Langkah Catatanku. Selanjutnya Anda klik Add New pada kolom Target.

Add Target
Add Target

9. Tentukan Pilihan Target dan Halaman Publish. Pada pilihan halaman publish, Anda akan menemui beberapa halaman yang Anda kelola. Pilihlah halaman sesuai dengan target, jangan sampai Anda salah masuk halaman ya? :lol:

Tentukan Target
Tentukan Target

10.  Nah, sampai tahap ini source rss dan target untuk publish facebook sudah  terisi. Sekarang yang perlu Anda perhatikan adalah tombol OFF yang saya lingkari merah. Tombol tersebut bisa Anda klik, sehingga menjadi ON.

Target Masuk
Target Masuk

11.  ketika tombol ON menyala hijau, berarti menandakan kalau posting secara otomatis dari blog ke facebook sudah berhasil. :)

Posting Otomatis Selesai
Posting Otomatis Selesai
Jika Fan Page Anda adalah sebuah komunitas, seperti Warung Blogger. Maka Anda bisa menambahkan source, dengan klik Add New seperti cara nomor 6. Anda hanya cukup mengetikan nama blog Anggota komunitas Anda, diikuti dengan kata feed. Misalnya;http://abdulchoilik.com/feed/. Maka, updaten Blog milik Komandan BlogCamp akan tampil secara otomatis di Fan Page yang Anda kelola.
Ada sebelas langkah untuk membuat postingan blog secara otomatis, dan itu sebenarnya mudah. Jika Anda belum mempraktekkan Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook memang terlihat riweh, rumit, ribet. :lol: Jadi, dapat disimpulkan, dengan membuat posting otomatis ke facebook seperti ini, Anda tidak perlu share postingan Anda di Facebook dan atau Fan Page satu per satu. Karena, dengan mengunakan fitur RSS Graffiti, postingan Anda muncul secara otomasis di Facebook dan atau Fan Page yang Anda kelola.
Jika Anda kurang puas dengan cara ini, Anda bisa share ulang (lagi), geratis koq. :lol: Apakah Anda sudah memanfaatkan fitur RSS Graffiti dari Facebook? Ayoooo, manfaatkan dan nikmati hasilnya. . . :oops:

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook ini dipublish oleh Unknown pada hari Saturday, March 30, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Cara Membuat Postingan Blog Tampil Secara Otomatis Di Facebook
 

2 komentar: