Inilah Tips Saat Membeli Laptop / Notebook Baru

Inilah Tips Saat Membeli Laptop / Notebook Baru

Inilah Tips Saat Membeli Laptop / Notebook Baru - Halo teman, mungkin anda semua akan merasa bingung kan apa saja yang harus diperhatikan saat akan membeli laptop / notebook? Ya, bagi anda yang belum tau pasti lah akan mengalami hal tersebut. Beda lagi dengan yang sudah faham betul sama yang namanya laptop / notebook, mungkin tanpa membaca artikel ini juga sudah bisa memilih dengan tipsnya sendiri. Tapi bagi yang belum tau, jangan takut.. Saya akan coba share nih beberapa tips yang bisa anda lakukan saat akan membeli yang baru. Mau tau? Yuk kita lanjut bacanya :)

Nah, ini dia tips yang saya maksud. Silahkan anda ingat - ingat ya, atau kalau anda suka lupa boleh dicatet deh artikel ini.
Yang pertama, anda harus memperhatikan Fungsinya.
Maksudnya anda tentukan dulu untuk apa laptop / notebook anda nantinya. Dan berikut ini jenis - jenis yang bisa anda jadikan pertimbangan :

1. Ultra Portable : Laptop yang memiliki jenis ini adalah untuk kalian yang sangat mobile. Dari segi ukuran, laptop ini memiliki ukuran yang kecil dan juga memiliki bobot yang ringan, bisa kita bayangkan kan? Otomatis laptop berjenis ini akan lebih tipis dari yang biasa dengan layar yang hanya memiliki 12". Dalam hal processor, laptop ini memakai jenis processor yang bisa menghemat listrik, karena dengan begitu anda bisa memakai laptop ini dengan waktu yang lebih lama. Contoh jenis processor yang hemat listrik itu misalnya Intel Atom, Intel ULV / AMD Neo. Tau berapa jam yang bisa anda gunakan dengan laptop jenis ini? Hmm.. Yaitu, anda bisa menggunakan laptop elama lebih dari 7 jam. Wow.. Anda bisa menggunakan laptop ini dengan leluasa. Oh iya, perlu diingat nih teman, laptop yang berjenis ini biasanya tidak memiliki optical drive. Dan harganya pun sekitar 3 jutaan (Intel Atom) dan bisa nyampe belasan juta (Intel Core 2 Duo ULV).

2. Portable : Untuk laptop yang berjenis ini diperuntukkan bagi anda yang memiliki tingkat pemakaian normal dalam sehari - harinya. Dan laptop jenis ini memang merupakan salah satu jenis laptop yang sedang mendominasi di pasaran, juga dapat digunakan oleh kebanyakan orang. Dari segi ukuran, laptop jenis ini memiliki ukuran yang sedang dengan ukuran layar antara 12 sampai 15 inchi. Untuk masalah harga, laptop jenis ini tergantung merk, processor, dan peripheral lainnya. Biasanya, harganya itu sekitar 4 jutaan (yang menggunakan Intel Celeron), sampai dengan laptop yang paling mahal yaitu 10 jutaan (menggunakan Intel Core 2 Duo atau AMD Phenom. Daya Tahan batre terhitung standar antara 3-5 jam.

3. Desktop Replacement : Ditujukan untuk para Gamer, desainer grafis, ataupun pekerjaan2 lain yang membutuhkan kinerja diatas rata2. Laptop jenis Biasanya berukuran besar, berat, dan memiliki layar yang berukuran diatas 15 inchi. Ciri khas laptop jenis ini adalah terdapat Kartu VGA yang terpisah, tidak integrated. ini untuk menunjang kemampuan grafis yang memang dibutuhkan oleh laptop jenis ini. Prosesor yang digunakan hanyalah prosesor kelas atas semisal intel core 2 duo atau bahkan intel core 2 quad, sehingga membuat harga-nya menjadi sangat mahal. Rentang harga laptop jenis ini mulai dari 8 jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Yang kedua, anda harus memperhatikan yang namnya "Merk".

Pemilihan merek merupakan hal yang sangat penting. Pada khasus Netbook, harga merk lokal berkisar 2,5 juta (baterai 3 cell) bandingkan dengan merk Acer / Samsung seharga 3 jutaan (baterai 6 cell yang tahan samapi 6-8 jam). Merek yang sudah terkenal seperti Toshiba, Acer, Sony, Samsung, Dell, HP dan lainnya biasanya mempunyai kualitas perakitan yang lebih baik dibandingakan rakitan lokal. Selain itu service center yang merata di seluruh Indonesia, atau setidaknya yang memiliki service center terdekat di kota anda. Ini penting untuk anda yg tinggal di luar kota2 besar seperti Jakarta atau Surabaya, jika suatu saat terdapat masalah atau kerusakan pada laptop anda.

Yang ketiga, anda harus memperhatikan Operating System dari laptop / Notebooknya.

Sebagian besar Laptop yang dijual saat ini, kebanyakan menyertakan Microsoft Windows sebagai OS bawaan. Hal ini sebetulnya sangat merugikan konsumen . Anda sebagai konsumen tidak memiliki pilihan selain OS tersebut. Umumnya Laptop yang bundling sama windows selisih harga kisaran 300-500 ribu dibandingan tanpa OS. Lagian kalo beli bundling sama Windows biasanya partisi hard disk cuman 1 partisi aja. Kalo data kena virus pusing installnya.
Inilah Tips Saat Membeli Laptop / Notebook Baru

Tips Tambahan bagi anda yang Benar-benar awam atau gak Ngeh ato gak ngerti sama sekali tentang Laptop atau notebook :
  1. Sebelum membeli laptop ataupun produk elektronik yang murah, hendaknya mencari tahu harga pasaran produk tersebut saat ini. silahkan mencari informasi dengan browsing di internet. Biasanya harga di kota anda tidak akan berbeda jauh dengan harga di internet, bisa juga jadi lebih murah.
  2. Ajaklah Teman anda yang Benar-benar mengerti tentang laptop. Tentu saja ini untuk membantu anda dalam memilih dan membeli laptop yang bagus yang sesuai dengan keinginan dan dana anda, tidak asikkan kalau harga laptopnya murah namun barangnya dan mutunya jelek ? Bagus barangnya dan berkualitas namun murah meriah. :)
  3. Untuk mencari laptop yang lebih murah biasanya saat ada pameran komputer / Laptop, harga di pameran komputer biasanya lebih murah. Walaupun demikian ini tidak menjamin kalau di harga pameran lebih murah seperti yang anda inginkan. Namun demikian bisa menjadi referensi anda berapa kisaran harga produk laptop yang anda inginkan. Toko mana yang harganya lebih murah dan sesuai dana anda :)
  4. Ini Tips terakhir Cobalah untuk Menawar / di nego Harganya , Serta tanyakan secara detail tentang Garansi dari produk Laptop yang akan anda beli, serta ada tidaknya layanan Purna jual di kota anda untuk merk Laptop yang anda beli, ini untuk memudahkan anda bila suatu saat laptop atau Notebook anda mengalami masalah.



Penulis : Robi Nurtanto ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Inilah Tips Saat Membeli Laptop / Notebook Baru ini dipublish oleh Robi Nurtanto pada hari Saturday, September 28, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Inilah Tips Saat Membeli Laptop / Notebook Baru
 

0 komentar:

Post a Comment