Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?


Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

A
nda pasti sudah sering kan mendengar tentang SEO (Search Engine Optimization). Sebagian mungkin mengerti maknanya dan merasa penting, sebagian lagi mengerti tapi tak peduli, dan mungkin saja ada yang tidak tahu namun tak mau tahu.Karena beberapa tutorial website yang akan saya bagikan ke depan ini sedikit banyak bersinggungan dengan yang namanya SEO, mau gak mau mesti kita bahas secara sepintas alias tidak rumit-rumit karena sebenarnya sudah banyak blog yang lebih khusus membahas tutorial SEO dan layak dijadikan referensi. Sedangkan kita fokus pada pengolahan websitenya (bukan konsepnya).

Apa itu SEO?
Menurut Wikipedia.OrgSearch Engine Optimization, biasa disingkat SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEOadalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Intinya, dalam SEO, kita ingin mengoptimalkan kerja mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain agar website kita bisa ditampilkan pada halaman awal hasil pencarian dari mesin pencari tersebut. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan pengunjung website yang datang melalui mesin-mesin pencari itu. Bayangkan jika seseorang mencari sebuah topik tertentu menggunakan Google, kemudian website Anda muncul di halaman pertama, tentu orang itu akan berpeluang lebih besar mengunjungi website Anda. Bayangkan ada begitu banyak orang yang mencari topik yang sama atau mirip, tentu puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang akan membuka website Anda karena bantuan Google. Tanpa adanya optimisasi mesin pencari (SEO), kemungkinan website Anda tidak akan tampil pada halaman awal hasil pencarian (SERP - Search Engine Result Page) sehingga tidak ada yang membukanya.

Mengapa SEO Menjadi Penting?
Bagi sebagian orang SEO memang bukan sebuah proses yang penting. Hal itu tidak jadi masalah karena mungkin mereka hanya ingin menulis tanpa dibebani oleh keinginan agar website dikunjungi oleh banyak orang. Mungkin prinsipnya adalah kalau dikunjungi ya syukur, gak dikunjungi juga tidak masalah.
Namun, tidak sedikit pula yang membutuhkan SEO karena beberapa hal berikut:
  1. Websitenya digunakan untuk memasarkan produk atau jasa tertentu. SEO bisa membantu meningkatkan trafik pengunjung melalui mesin pencari sehingga peluang produk atau jasa yang dijualnya laku semakin besar.
  2. Websitenya digunakan untuk mencari uang dari internet memalui program-program bisnis online seperti afiliasi, pay per click, pay per review, dan lain-lain. SEO bisa membantumeningkatkan trafik pengunjung melalui mesin pencari sehingga peluang mendapatkan uang lebih banyak melalu monetisasi blog atau website semakin besar.
  3. Websitenya dijadikan sebagai media untuk menyampaikan informasi yang memang penting untuk diketahui oleh orang lain. Sangat banyak orang yang menulis karena ingin orang lain mengetahui tulisannya atau ingin orang lain membaca opininya, atau ingin mempengaruhi khalayak dengan tulisannya, dan sebagainya. Tentu akan sia-sia menulis jika orang yang melihat websitenya sangat sedikit. SEO mungkin bisa membantu untuk meningkatkan pengunjung melalui mesin pencari.
  4. Pamer kualitas website atau blog. Kualitas sebuah website ada yang dilihat dari trafik pengunjung. Semakin tinggi trafik pengunjung, ada anggapan bahwa website tersebut bagus. Kalau website kita bisa muncul di halaman awal mesin pencari, biasanya ada rasa bangga yang hinggap di kepala. He3x.
Bagi saya, SEO itu memang penting, namun tingkat kepentingannya adalah No. 2. Yang menjadi  No. 1 tentu adalah kualias isi website. Coba Anda baca konsep-konsep SEO yang ada di internet, Anda akan menemukan konsep SEO yang bersih sampai yang berisi trik-trik kotor yang isinya hanya "mengakal-akali" sang mesin pencari agar mesin pencari tersebut mau menampilkan websitenya pada halaman paling awal hasil pencarian pada mesin pencari.

Mungkin itu sedikit pengantar mengenai SEO. Saran saya coba Anda cari beberapa referensi lain sehingga nantinya semakin paham mengenai pemanfaatannya.

Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah tertarik dengan SEO dan apa alasan Anda memanfaatkannya?

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Apa itu SEO (Search Engine Optimization)? ini dipublish oleh Unknown pada hari Friday, January 11, 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?
 

0 komentar:

Post a Comment